11 Kegunaan madu yang jarang diketahui dan dilakukan

madupahit.com – 11 Kegunaan madu yang jarang diketahui dan dilakukan

Siapa yang tak kenal dengan madu?, madu sudah dikenal sejak ribuan tahun sebagai salah satu bahan makanan yang memiliki kemampuan yang tak hanya bagi manusia saja namun bisa  digunakan untuk berbagai kebutuhan mahluk hidup lainnya.

Madu memang menjadi salah satu bahan makanan yang paling diminati oleh semua kalangan, tak hanya karna rasanya namun khasiat dan manfaat madu yang begitu besar bagi kesehatan tubuh menjadi salah satu fator utama orang ingin mengkonsumsinya.

Apalagi bahkan dalam Islam sudah dijelaskan bahwa “Obat dari segala macam peyakit hanyalah dengan meminum Madu”. Hal ini sudah dibuktikan dengan hasil penelitian yang telah dilakukan, dimana madu memang memiliki kandungan yang luar biasa bagi kesehatan tubuh serta mengobati beragam macam penyakit.

Tak cukup sampai disitu, kini madu juga menjadi salah satu bahan yang digunakan dalam campuran kosmetik karena madu terbukti mengandung senyawa humektan yang sangat berguna bagi kulit agar tambah sehat bebas dari kerutan. Ditinjau dari kecantikan, madu juga memiliki peran yang sangat besar bagi kecantikan tubuh sebagai salah satu alternatif dalam mengencangkan kulit, menghilangkan plak maupun komedo, serta mengatasi jerawat.

Madu merupakan makanan yang mengandung nutrisi tinggi, selain dikonsumsi  ternyata ada banyak kegunaan madu yang jarang diketahui dan dilakukan oleh kita.

Hal Apa saja itu ? berikut ini diantaranya :.

1. Mencerahkan Rambut

Ambil satu sendok teh madu dan campur ke dalam satu liter air hangat. Siram pada rambut yang telah dicuci dengan sampo. Tidak perlu dibilas untuk mendapatkan rambut yang cerah dan berkilau.

2. Anti Ketombe dan Kutu rambut

Ambil satu sampai dua sendok makan, lalu ratakan pada semua bagian kulit rambut dan diamkan kurang lebih 15 menit dengan tutup kepala lalu bilas dengan air hangat. Dapatkan manfaat dari cara ini, ketombe dan sejenisnya termasuk kutu rambut akan hilang dan bersih.

3. Pencuci Muka

Ada cara yang lebih alami daripada sabun untuk membersihkan muka, yaitu dengan menggunakan madu. Gunakan madu sebagai pencuci muka dan bilas hingga bersih.

4. Melawan Parasit

Minuman yang terbuat dari madu, cuka, dan air adalah obat yang paling ampuh untuk mengatasi masalah perut ketika bepergian. Sebab ketiga campuran bahan tersebut merupakan pelawan parasit.

5. Menyingkirkan Jerawat

Oleskan madu pada jerawat dan biarkan selama setengah jam. Setelah itu, bilas hingga bersih. Ulangi langkah yang sama untuk menyingkirkan jerawat secara alami.

6. Untuk Mandi

Jika biasanya ada garam mandi dan minyak yang digunakan untuk mandi berendam, ganti bahan tersebut dengan madu dan minyak zaitun. Fungsinya adalah menghaluskan dan membuat aroma kulit semakin segar.

7. Meredakan Cemas/Stress

Bisa dicampur atau diminum secara langsung, madu cukup dikenal ampuh meredakan rasa cemas. Madu juga bisa dikonsumsi setelah dicampur bersama jahe dan air lemon.

8. Lip Balm

Punya bibir kering? Coba campur madu, minyak zaitun, dan cocoa butter untuk menciptakan lip balm alami yang ampuh mengatasi bibir kering.

9. Melawan Insomnia

Sulit tidur tentu bisa memperburuk kesehatan tubuh. Namun insomnia ternyata juga bisa diatasi dengan mengonsumsi madu. Sebab madu sifatnya mampu menurunkan stres dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

10. Mengobati Radang Tenggorokan

Dalam berbagai penelitian klinis, madu telah terbukti efektif dalam mengobati radang tenggorokan dan batuk. Madu pun bisa dikonsumsi secara langsung atau dicampur dengan air lemon untuk mendapatkan khasiat sehat lainnya.

11. Meringankan Morning Sickness saat Hamil

Morning sickness adalah keluhan umum yang dialami hampir 70 persen wanita hamil. Cirri umum dari keluhan ini adalah mual dan atau muntah selama beberapa lama, terutama dalam trimester pertama kehamilan. Dalam kasus yang lebih berat, morning sickness bisa menyebabkan penurunan berat badan, kekurangan gizi atau komplikasi kesehatan yang lebih serius bagi ibu dan anak yang sedang berkembang

Demikian manfaat madu yang jarang kita ketahui dan dilakukan, selamat mencoba dan dapatkan manfaatnya dari cairan kental yang dihasilkan oleh lebah yang memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

 

 

Share Our Posts

Share this post through social bookmarks.

  • Delicious
  • Digg
  • Newsvine
  • RSS
  • StumbleUpon
  • Technorati

Comments

Tell us what do you think.

There are no comments on this entry.

Trackbacks

Websites mentioned my entry.

There are no trackbacks on this entry

Add a Comment

Fill in the form and submit.