7 Langkah Mengatasi Pascakeguguran

keguguranKeguguran adalah peristiwa yang paling tidak diinginkan atau ditakuti oleh ibu-ibu hamil. Mereka perlu dikelilingi oleh orang-orang yang menyayangi mereka untuk mengurus diri dimasa kehamilan dengan cara yang sehat secara mental dan fisik.

Namun, jika keguguran itu sudah terlanjur dialami, maka setiap wanita pastinya akan sedih dan perlu mendapatkan dukungan. Bagaimana caranya?

1.      Berduka yang wajar

Banyak wanita merasa bersalah atas keguguran yang dialaminya. Mereka sering merasa hilangnya calon bayi mereka adalah kesalahannya. Anda perlu mengetahui keguguran itu bisa terjadi karena kombinasi beberapa faktor yang terkadang tidak bisa dihindari.

Setelah berduka yang wajar, Anda harus menerima semua kejadian ini. Ini perlahan akan membantu memulihkan Anda yang sakit setelah keguguran. Memang normal mengalami gejala stres dan emosional, namun pastikan Anda tetap mengurus diri dan memperhatikan kesehatan Anda.

2.      Dapatkan dukungan

Perempuan cenderung menginternalisasi perasaan dibandingkan laki-laki, tapi tak perlu takut dan malu atas apa yang baru saja terjadi. Jangan ragu untuk mengekspresikan emosi Anda ketika berbicara tentang pengalaman pahit Anda kepada teman-teman atau orang yang dicintai.

Itu secara tak langsung akan membantu Anda dan teman-teman Anda yang mungkin juga keguguran untuk pulih kembali. Berbagi masalah dan saling memberi dukungan adalah cara terbaik meringankan beban di pundak Anda.

3.      Berkomunikasi dengan pasangan

Proses berduka setiap wanita yang mengalami keguguran mungkin berbeda. Tapi, setiap wanita itu pastinya membutuhkan dukungan dari pasangannya. Cobalah tetap berkomunikasi dengan pasangan atau suami Anda. Komunikasi ini penting untuk mencegah pasangan saling berjauhan setelah istrinya keguguran.

4.      Mengurus dan melindungi diri

Anda yang memutuskan kapan Anda akan keluar dari kesedihan ini, atau apakah Anda ingin mencoba untuk hamil lagi. Orang lain mungkin tidak begitu memahami trauma keguguran, sehingga ada baiknya Anda mengambil sedikit cuti dari pekerjaan, jika diperlukan.

Jika Anda merasa Anda tidak siap berurusan dengan masalah kehamilan, maka Anda membutuhkan liburan. Ambillah satu atau dua hari untuk berlibur bersama keluarga Anda atau menyenangkan diri Anda sendiri.

5.      Membuat memorial

Untuk beberapa wanita, mengenang sesuatu itu tidak baik, namun bagi sebagian lainnya, mengenang adalah cara lain untuk ikhlas merelakan sesuatu. Anda bisa membuat kenangan tentang mendiang calon bayi Anda, misalnya dengan menanam pohon atas namanya. Ini bisa membantu mengurangi duka dan membuat jalan menuju penyembuhan.

6.      Yakin dan tetap maju ke depan

Jangan pernah takut untuk mencoba hamil lagi. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahli dibidangnya untuk menghindari komplikasi lebih lanjut dari keguguran yang baru saja Anda alami. Banyak kasus perempuan yang mengalami keguguran masih mampu hamil lagi dan melahirkan bayi yang sehat.

7.      Berdo’a, Ridho dan Ikhlas

Inilah salah satu Obat yang paling bisa menenangkan segala masalah yang kita hadapi, ringan atau berat semuanya tergantung kita yang memikulnya. Tapi yang pasti Allah SWT tidak akan memberikan ujian dan cobaan kepada kita apabila kita tidak bisa memikulnya. Sungguh semua itu telah diatur dan ditetapkan oleh-Nya, sebagai bagian dari perjalanan hidup kita. Yakinlah apa yang telah diberlakukan kepada kita semuanya adalah bukti kebesaran,kekuasaan dan kehendak-Nya.  

 

 

sumber : Republika

 

Share Our Posts

Share this post through social bookmarks.

  • Delicious
  • Digg
  • Newsvine
  • RSS
  • StumbleUpon
  • Technorati

Comments

Tell us what do you think.

There are no comments on this entry.

Trackbacks

Websites mentioned my entry.

There are no trackbacks on this entry

Add a Comment

Fill in the form and submit.