Alasan Mengapa Rasulullah Melarang Minum Sambil Berdiri

Madupahit.com – Alasan  Rosulullah SAW Melarang Minum Sambil Berdiri

minum sambil duduk dan berdo'aAjaran Islam bersifat universal/menyeluruh dari semua aspek. Semuanya telah diatur oleh Pencipta ALLAH SWT dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali diajarkan cara-cara terbaik, dan ajaran itu tidak ada dalam agama lain kecuali Islam. Itulah salah satu bukti agama Islam bukan buatan manusia, ia datang dari yang Maha Mengetahui segala sesuatu urusan. Karenanya adab akan tidur dan bangun tidurpun tidak luput dari perhatian. Bukan hanya itu saja, semua prilaku dalam Islam harus sesuai dengan aturan Allah. Adab makan dan minum juga menjadi hal yang penting dalam kehidupan kita. Karenanya kalau semua jaran Islam kita tegakkan maka bukan hanya sehat jasmani, tapi yang lebih utama sehat rohani.

  Disebutkan dalam hadist: “ Janganlah kamu minum sambil berdiri ”

       Hadist yang Rosul Muhammad SAW sampaikan ini bukan hanya isapan jempol belaka. Termasuk hadist ini. Dalam segi kesehatan, anjuran ini terbukti kebenarannya.

        Dalam tubuh kita terdapat apa yang disebut dengan Sfinger, yaitu suatu (otot halus berbentuk cincin yang berfungsi mengontraksikan atau menutup suatu lubang seperti pada mulut, lambung,anus, dan lainnya) struktur makuler (berotot) yang bisa membuka dan menutup. Dalam kenyataannya, sfinger ini hanya terbuka pada waktu kita dalam posisi duduk. Dengan minum air dalam posisi demikian, air akan tersaring oleh sfinger dan menjadi steril.

Jika kita minum sambil berdiri, air tidak akan tersaring oleh sfinger dan langsung masuk ke kandung kemih. Proses yang demikian bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal. Allahu Akbar…

Dalam sunnah Rasulullah SAW selalu ada mukjizat dan manfaat bagi manusia dan dijamin tidak ada yang merugikan.

 Cara mengatasinya sangatlah mudah tapi perlu pembiasaan:

  1. Biasakan minum duduk.
  2. Biasakan dan perbanyak minum air putih sesuai kebutuhan yang dianjurkan dan jangan terburu-buru.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua, Aamiin

Share Our Posts

Share this post through social bookmarks.

  • Delicious
  • Digg
  • Newsvine
  • RSS
  • StumbleUpon
  • Technorati

Comments

Tell us what do you think.

There are no comments on this entry.

Trackbacks

Websites mentioned my entry.

There are no trackbacks on this entry

Add a Comment

Fill in the form and submit.