Manfaat Madu untuk Pengobatan Penyakit Asam Lambung

Madu Pahit Gold Obat untuk Asam LambungTentunya kita sudah mengetahui Madu merupakan makanan sempurna yang bisa juga digunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit diantaranya pada saluran pencernaan seperti tukak pencernaan dan maag kronis yang disebabkan pengeluaran  asam lambung yang tinggi atau tidak cukupnya keasam dalam lambung.

Khasiat madu untuk mempengaruhi sekresi lambung/asam lambung  telah diakui secara luas, tapi kami belum menemukan informasi dalam literatur untuk mengkonfirmasi efek ini. Oleh karena itu, kita memutuskan untuk menyelidiki tubuh kita sendiri. Untuk tujuan ini kami menggunakan perut interior pH meter dengan sistem komputer “Gastroxan-5″. Kami menerapkan pemeriksaan dengan tiga elektroda – yang pertama set di pintu keluar (antrum) dari perut, yang kedua di kedua ketiga (tubuh) dan yang ketiga di bagian atas (bagian subcardial). Selama 20 menit pertama kami mengukur primer (awal) nilai pH lambung. Jika itu lebih tinggi dari biasanya kami berikan pasien solusi hangat madu (50 g madu dalam 100 ml air hangat 35-40 ° C) dan jika itu lebih rendah dari biasanya kami memberi mereka solusi dingin (50g madu dalam 100 ml 13-15 ° C air). Kemudian kami mengukur: saat awal reaksi, durasi efek larutan madu (dari awal naik atau turun keasaman untuk pengembalian ke awal tingkat) dan perbedaan antara maksimal / minimal dan tingkat awal keasaman.

Pada 26 dari 34 pasien (76,4%) dengan peningkatan sekresi lambung pada awal yang diberi solusi madu hangat, efek alkali adalah diperhatikan (menurunkan tingkat keasaman); 8 dari mereka ditahan hyperacidity, yang berkaitan dengan produksi asam individu.

Obat Asam Lambung

Adapun pasien dengan menurunkan keasaman yang diberi solusi madu dingin, efek merangsang (meningkatkan keasaman) itu melihat pada 12 dari 16 orang (75%). Empat pasien tidak memiliki perubahan, yang mungkin dihubungkan dengan insufisiensi asam nyata.

Efek basa larutan madu hangat berlangsung 45 ± 3,6 menit, yang (menurut E, J, informasi Selezneva ini) outruns Almagel (28,9 min.), Remagel (32,5 min.) Dan akan dekat dengan megalak (45 min.) Dan malox (56 min.) dalam karakteristik antacid mereka. Waktu ke awal reaksi terhadap solusi madu hangat adalah 10,7 ± 1,4 menit, dan perbedaan antara tingkat keasaman adalah 6,5 ± 0,3 pada skala pH.

Pada kelompok kontrol pasien dengan peningkatan keasaman awal, yang diukur efek alkali dari larutan madu hangat, tidak ada efek yang melihat dalam tes dengan air hangat (100ml air 35-40 ° C tanpa madu) yang diulang berikutnya hari.

Efek merangsang larutan madu dingin (38,1 ± 10,6 menit) berlangsung sedikit kurang dari efek alkali dari larutan hangat (P> 0,05). Waktu awal merangsang keasaman adalah 3,9 ± 0,8 menit rata-rata. Dibandingkan dengan awal efek solusi madu hangat, reaksi ini datang lebih cepat (P <0,05). Minimal rentang pada skala pH (perbedaan antara awal dan merangsang keasaman) adalah 3,6 ± 0,4, dan itu lebih rendah dari rentang pH larutan hangat.

Semua ini telah membuktikan bahwa solusi madu memiliki basa kuat (larutan hangat) atau efek merangsang (solusi dingin). Karakteristik ini muncul secara individual, tetapi mereka diakui di hampir 75% kasus.

Dengan hal diatas, Jadi dapat merekomendasikan bahwa pasien dengan keasaman lambung diturunkan untuk mengambil solusi madu dingin (50 gr madu dalam 100 ml air pada 13-15 ° C, segera sebelum makan, tiga kali sehari) bukan obat berbasis kimia. Adapun ketika terjadi peningkatan keasaman solusinya dengan madu hangat (50 gr  madu dalam 100 ml air pada 35-40 ° C) diterapkan 1-1,5 jam setelah makan (setelah sarapan dan makan siang, karena makanan itu sendiri memiliki fungsi menetralisir asam) dan satu jam sebelum tidur, karena madu memiliki efek sebagai penenang.

Sumber : Pcela.rs

Share Our Posts

Share this post through social bookmarks.

  • Delicious
  • Digg
  • Newsvine
  • RSS
  • StumbleUpon
  • Technorati

Comments

Tell us what do you think.

There are no comments on this entry.

Trackbacks

Websites mentioned my entry.

There are no trackbacks on this entry

Add a Comment

Fill in the form and submit.