Obat Maag Akan Menyebabkan Kekurangan Vitamin B12

Madupahit.com – Obat Maag Akan Menyebabkan Kekurangan Vitamin B12

Obat Maag biasa dikonsumsi oleh orang yang punya keluhan masalah asam lambung. Asam lambung yang berlebihan biasanya menyebabkan mual, pusing, sampai bisa terjadi muntah.

Tapi kebanyakan orang tidak mengetahui apa efek yang akan didapatkan apabila dalam jangka waktu yang panjang selalu mengkonsumsi obat tersebut.

Sebuah penelitian yang dilakukan Kaiser Permanente menyatakan bahwa obat maag yang digunakan dalam jangka panjang menyebabkan orang mengalami kekurangan vitamin B12. Dalam laporan yang dikutip SFGate (10/12), penggunaan obat jenis antacid tersebut menyebabkan kekurangan vitamin yang pada akhirnya meningkatkan resiko terkena demensia, kerusakan syaraf, anemia dan masalah kesehatan serius lainnya.

Penelitiannya disebut-sebut merupakan penelitian berskala besar yang diterbitkan online di Journal of the American Medical Association. Dalam penelitian tersebut, para subyek penelitian yang mengkonsumsi obat maag yang berada di kelas proton pump inhibitor ini selama lebih dari dua tahun mengalami peningkatan resiko kekurangan vitamin B12 hingga 65 persen.

Dr Douglas Corley mengatakan bahwa orang bukannya harus berhenti mengkonsumsi obat ini, (seorang gastroenterologist di Kaiser dan peneliti senior dalam penelitian ini) Tapi hasil penelitian memunculkan pertanyaan apakah orang yang mengkonsumsi obat ini perlu diperiksa untuk kemungkinan kekurangan vitamin.

Di Amerika Serikat sendiri, obat maag dari kelas proton pump inhibitor (PPI) ini merupakan obat yang umum diresepkan. PPI yang umum beredar di pasaran adalah omeprazole, osomeprazole, lansoprazole lalu H2RA termasuk cimetidine, famotidine dan ranitidine.

 Lebih dari 100 juta resep obat ini diberikan setiap tahunnya dan sebanyak $14 miliar didapatkan dari penjualan obat ini.  Obat ini mulai populer pada tahun 1990-an dan umumnya digunakan untuk mengatasi mulas, maag dan acid reflux. Obat ini biasanya direkomendasikan untuk penggunaan jangka pendek hingga delapan minggu. Tapi kenyataannya beberapa orang menggunakan obat ini hingga bertahun-tahun.

 Obat-obat jenis ini menghentikan produksi asam lambung, padahal asam tersebut diperlukan tubuh untuk menyerap vitamin B12.

Semoga dari tulisan ini kita bisa mengetahui akan efek kurang baik apabila kita selalu atau terlalu lama mengkonsumsi obat jenis ini.

Dan solusi yang sudah diberikan kepada kita sebetulnya sudah jelas dan nyata bahkan dalam hadits dan Al-Qur’an sudah diriwayatkan dan di-Wahyukan.

Sudah Jelas sekali masalah perut ini dalam hadits Rosulullah disabdakan ” Sumber dari segala penyakit adalah Perut, Perut adalah gudangnya penyakit dan Berpuasa adalah Obat ”  (HR. Muslim)

Jadi Orang yang punya keluhan diperut obatnya adalah Berpuasa. Tapi puasa yang seperti apa dan bagaimana yang bisa menyembuhkan segala penyakit di perut ?

Nah salah satunya adalah harus makan sahur (kalau Ramadhon) terlebih dahulu.

Kebanyakan orang ketika melakukan puasa/shaum ini lebih banyak tidak melakukan sunah tersebut karena beberapa hal. Alhasil bukannya puasa/shaum tersebut jadi Obat malah jadi Panyawat/Penyakit.

Solusi lain yang sudah ada dalam Al-Qur’an dijelaskan dalam QS. An-Nahl 69, Madu merupakan Obat buat manusia, 

Jadi gunakanlah obat terbaik yang sudah Allah SWT berikan kepada kita,

GUNAKANLAH MADU SEBAGAI OBAT

Share Our Posts

Share this post through social bookmarks.

  • Delicious
  • Digg
  • Newsvine
  • RSS
  • StumbleUpon
  • Technorati

Comments

Tell us what do you think.

There are no comments on this entry.

Trackbacks

Websites mentioned my entry.

There are no trackbacks on this entry

Add a Comment

Fill in the form and submit.