Proses pembuatan Propolis

Kali ini Madu Pahit Al Mahaz membahas sekelumit tentang proses pembuatan propolis. Agar kita mengetahui

1. Proses pembuatan Propolis yang sekarang ini ?

2. Apa bahan yang digunakan untuk ekstraksi/mengeluarkan Propolis dari sarang lebahnya ?

3. Halal dan juga amankah bahan tersebut ?

4. Efek apa yang terjadi ketika bahan tersebut sudah tercampur dalam Propolis ?

Selama ini ekstraksi propolis menggunakan alkohol, glikol atau air. Alkohol dan glikol dapat melarutkan seluruh zat aktif dalam propolis. Air melarutkan lebih sedikit zat aktif, tetapi tetap mampu menunjukkan efek bakterisidal dan fungsidal, termasuk untuk menyembuhkan luka.

B. Persiapan Ekstraksi

Bersihkan propolis dari kotoran yang tampak, juga dari lilin yang berlebihan. Caranya propolis dihaluskan menjadi butiran kecil atau bubuk halus. Jika propolis terlalu lengket dan sulit dihaluskan, sebaiknya propolis disimpan dahulu dalam freezer atau lemari es selama beberapa jam hingga menjadi keras dan rapuh. Propolis yang lengket bisa dibuat setipis mungkin untuk meningkatkan kontak permukaan antara alkohol dengan propolis, sehingga proses pelarut mudah dilakukan.

C. Teknik Ekstraksi Propolis

Madu Pahit Propolis

1. Teknik Ekstraksi Propolis Alkohol

Untuk mendapatkan kualitas yang baik, khususnya jika propolis akan digunakan sebagai obat atau kosmetik, alkohol yang digunakan adalah alkohol kualitas tinggi. Untuk ekstrak propolis yang dikonsumsi manusia, pemilihan jenis alkohol lebih berupa gin,  rum, cachasa, arak atau cairan destilasi lainya. Cairan alkohol ini memang mengandung kurang dari 70% alkohol tetapi hasilnya tetap berkualitas.

2. Ektraksi Propolis Teknik Cepat

Ektrasksi Propolis Teknik cepat dilakukan dengan cara meletakkan propolis butiran halus atau bubuk diatas filter besar atau kantong lain, celupkan kedalam alkohol murni (95-100%). Dilakukan berulang kali dan hasilnya disimpan, seperti halnya ekstrak propolis  alkohol. Teknik cepat ini kurang efektif jika jumlah alkohol sedikit.

3. Teknik Ekstraksi Propolis Glikol

Metode ini hampir sama dengan metode ekstraksi propolis alkhol, berbeda dari jenis pelarutnya yaitu glikol dalam bentuk propylene glycol. Perbandingan atau konsentrasi yang dipakai tidak melebihi 10% dan menggunakan teknik partial vacum. Produsen kosmetik lebih memilih glikol untuk melarutkan propolis yang akan digunakan untuk produk tertentu, misal losion terutama yang berbahan dasar air.

4. Teknik Ekstraksi Propolis Air

Ekstraksi propolis dengan air dilakukan dengan cara melarutkan propolis dalam air selama beberapa hari atau merebusnya dalam air. Metode ini sama dengan ekstrasi alkohol. Hasilnya, keberadaan dan ketersediaan propolis yang diperoleh melalui ekstraksi air tidak perlu dikhawatirkan.

5. Teknik Ekstraksi Propolis Minyak

Teknik ini kurang bisa diadaptasi untuk kebutuhan komersial, tetapi bisa menjadi suatu alternatif untuk menghasilkan ekstrak propolis dengan biaya tidak mahal dan jumlah sedikit.

Berikut cara pembuatan ekstraksi propolis minyak:

Pertama :

Campur 10 gram propolis ke dalam 200 ml minyak zaitun. Bisa juga menggunakan 200 ml minyak almond, 100 ml minyak murni berkualitas tingggi, 100 gram mentega.

Kedua :

Masukkan cairan tersebut ke dalam wadah, lakukan pengetiman. Pengetiman merupakan proses mencairkan suatu zat atau senyawa dalam sebuah mangkuk yang dimasukkan ke dalam panci berisi air dan dimasak di atas api kecil hingga zat atau senyawa itu mencair. Lamanya perebusan air adalah 10 menit dan suhu yang digunakan tidak lebih dari 500C.

Insya Allah nanti akan dibahas tentang efek lain dari bahan yang digunakan untuk mendapatkan propolis.

Share Our Posts

Share this post through social bookmarks.

  • Delicious
  • Digg
  • Newsvine
  • RSS
  • StumbleUpon
  • Technorati

Comments

Tell us what do you think.

There are no comments on this entry.

Trackbacks

Websites mentioned my entry.

There are no trackbacks on this entry